Jumat, 21 Desember 2012

Kenali Tanda-Tanda Sakit Jantung Sejak Dini

Kenali Tanda-Tanda Sakit Jantung Sejak Dini

KlikPintar.com - Kenali Tanda-Tanda Sakit Jantung Sejak Dini. Sakit jantung adalah penyakit yang menduduki peringkat tinggi dalam penyebab kematian di Indonesia tapi jangan khawatir karena ada tanda-tanda sakit jantung yang bisa dideteksi. Penyakit jantung adalah penyakit yang degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyerang organ dalam tubuh kita, mempengaruhi bentuk dan fungsi dari organ sehingga tidak mampu bekerja maksimal. Sebenarnya penyakit degeneratif juga dapat timbul karena proses penuaan.

Seiring dengan perbaikan kualitas hidup masyarakat, saat ini mulai terjadi pergeseran pola penyakit. Awalnya sebagian besar orang menderita penyakit infeksius, tetapi akhir-akhir ini statistik menunjukkan, lebih banyak orang yang menderita penyakit degeneratif. Banyak yang tidak menyadari saat terserang sakit jantung, seperti maag kelelahan dan sebagainya, sebagian orang itu menganggap adalah kelelahan biasa, tapi itu adalah tanda-tanda sakit jantung karena fungsi jantung sudah melemah.

Kenali Tanda-Tanda Sakit Jantung

Tanda-tanda sakit jantung tidak serta-merta datang, tapi tanda-tanda sakit jantung datang bertahap pada tubuh sang korban. Nyeri pada dada atau terasa ada beban yang menindih pada dada adalah gejala yang paling sering dialami sebagian besar penderita serangan jantung.

tanda-tanda sakit jantung

Selain itu banyak juga tanda-tanda sakit jantung :

  • Rasa tidak nyaman, nyeri atau perasaan seperti tertindih beban atau dada seperti teremas yang dapat dirasakan di dada, di bawah tulang dada atau lengan (umumnya pada lengan kiri, namun juga bisa terjadi lengan kanan).
  • Rasa tidak nyaman itu dapat menjalar ke punggung, rahang, bahkan lengan, maka kadang juga sering dianggap keliru seperi sakit gigi dan kepala.
  • Rasa begah, kembung atau sensasi seperti tercekik (dapat dirasa seperti dada terbakar)
  • Mual, muntah, dan berkeringat dan pusing
  • Merasa kelelahan, cemas bahkan sesak nafas.
  • Jantung berdetak lebih cepat atau tidak teratur
  • Tidak mempunyai gejala sama sekali (hampir seperempat dari semua serangan jantung adalah tidak bergejala sama sekali, hal ini umum terjadi pada pasien diabetes mellitus.)

Tanda-Tanda Sakit Jantung Pada Anak Kecil

Tanda-tanda sakit jantung yang dapat dideteksi pada anak kecil dengan mudah adalah perubahan warna biru pada tubuh anak. Ujung kuku, bibir, lidah berwarna biru, hemoglobin rendah. Disertai rewel dan susah untuk menyusu pada bayi. Namun, bisa juga tanpa gejala kebiruan. Biasanya diketahui oleh dokter saat memeriksa denyut jantung anak-anak. Tanda tanda yang lain bisa juga berupa sesak nafas, lekas lelah, keluhan sakit pada dada, dan sering pingsan.

Jika semua tanda-tanda sakit jantung ada pada anda atau orang terdekat anda, segera periksakan ke dokter agar dapat dipastikan apakah itu sakit jantung atau bukan. Dan nantinya dapat diberikan terapi jika memang ada tanda-tanda sakit jantung ada pada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar