Kamis, 20 Desember 2012

Menu Makanan dari Jagung

Menu Makanan dari Jagung

KlikPintar.com - Menu Makanan dari Jagung. Anda tentu sudah mengenal jagung, makanan buah yang berwarna kuning lezat ini tentu sangat bergizi untuk dimakan. bahkan ada orang di daerah tertentu menjadikan jagung sebagai makanan pokok yang tingkatnya hampir setara dengan nasi. Biji jagung sangat kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji jagung. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa. Itulah mengapa jagung juga menarik untuk dikonsumsi (lebih lengkap baca wikipedia)

Jagung dapat anda peroleh di toko atau pasar tradisional. Seusai membeli jagung, sebaiknya segera disimpan agar rasa manisnya tidak berkurang. Simpan dalam kantong plastik bersih kemudian taruh dalam kotak sayuran di lemari es. Gunakan jagung maksimal satu hingga dua hari kemudian.

makanan dari jagung

Untuk mendapatkan manfaat gizi dari jagung, berikut olahan yang bisa menjadi rekomendasi dari kami:

  • Sup. Anda bisa membuat sup dari jagung. Siapkan 1 liter kaldu ayam, ditambah dua batang daun seledri cincang, satu sendok makan garam, biji jagung yang diambil dari tiga buah jagung, jangan lupa beri 310 gram krim jagung. Bila sudah, rebus selama lima menit dengan api sedang, berikan tiga fillet dada ayam, iris tipis, lalu masak.
  • Salad. Jagung memberi kesegaran serta rasa manis pada salad. Tambahkan pula irisan apel merah dan anggur tanpa biji. Tak hanya itu, salad pun semakin berwarna dengan jagung, dijamin anak-anak akan tergoda mencobanya.
  • Camilan. Satu batang jagung bisa diolah menjadi camilan. Caranya, masak dalam microwave selama lima menit lalu kupas kulitnya. Segera santap jagung selagi masih mengeluarkan uap.
  • Bakwan. Andapun dapat membuat bakwan dari jagung, caranya buat adonan bakwan dari gandum dan kemudian masukkan biji jagung secukupnya sesuai selera anda lalu goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar